Di Indonesia, dikenal istilah Tingkat Kandungan Dalam Negeri atau TKDN yang dinyatakan dalam persen dan mewakili komposisi barang atau jasa yang dihasilkan. Nilai TKDN akan semakin tinggi apabila sumber daya untuk membuat barang atau jasa semakin tinggi. Misalnya ubin teraso merk UTERRA dengan sertifikat TKDN 72%. Artinya, persentase sumber daya baik yang berupa bahan baku, alat produksi, maupun tenaga kerja yang asalnya dari dalam negeri sebanyak 72%.

lantai-rumah-dari-ubin-teraso-uterra-minimalis-modern (3)
Tampilan motif model Ubin Teraso Blue Classic produksi UTERRA

TKDN memiliki standar minimal, yaitu 25%. Meski begitu, TKDN 40% adalah persentase minimal bagi suatu produk barang atau jasa yang wajib digunakan oleh masyarakat. Dengan membeli dan menggunakan produk dengan sertifikat TKDN 72% seperti UTERRA ubin teraso, maka sama saja dengan mendukung produk dalam negeri.

Perbedaan Ubin Teraso Merk UTERRA Dengan Lainnya

Teraso adalah salah satu jenis pelapis lantai dan dinding yang terbuat dari pecahan atau serpihan batu alam yang dipadatkan. Ada dua jenis teraso, yaitu teraso cor dan ubin teraso.

Ukuran Ubin Teraso

Perbedaan antara teraso cor dengan ubin teraso merk UTERRA yang pertama adalah dari segi ukuran. Teraso ubin memiliki ukuran standar yang telah ditetapkan karena diproduksi di pabrik. Dengan kata lain, Anda dapat memilih ukuran teraso ubin yang dibutuhkan di pasaran sesuai kebutuhan. Sebaliknya, lantai teraso yang di cor di tempat tidak memiliki ukuran yang pasti karena ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Pasang Teraso

Selain berbeda dari segi ukuran, teraso cor dan teraso ubin juga memiliki cara pemasangan yang berbeda. Teraso ubin bentuknya seperti keramik lantai pada umumnya. Oleh karena itulah proses pemasangannya pun serupa. Sebaliknya, teraso cor dipasang secara langsung di tempat yang diinginkan di mana bahan-bahannya masih berupa bahan baku awal seperti pecahan batuan, pasir, semen, dan bahan perekat. Oleh karena itulah cara pemasangan teraso cor cenderung lebih sulit dibanding teraso ubin. Meski begitu, teraso cor dapat menjangkau bagian yang tersembunyi, tidak seperti teraso ubin yang lebih sulit diaplikasikan pada area sempit.

Harga Jual Teraso

Perbedaan yang terakhir antara teraso cor dengan teraso ubin adalah dari segi harga. Ubin Teraso merk UTERRA dibuat di pabrik dengan menggunakan berbagai macam peralatan produksi dan juga tenaga kerja. Oleh karena itulah harganya pun lebih mahal dibanding teraso cor. Sebaliknya, teraso cor terbuat dari bahan-bahan baku yang dikerjakan secara langsung di tempat pemasangan. Oleh karena itulah harganya pun lebih murah dibanding teraso ubin.

Di samping berbagai perbedaan di atas, baik teraso cor maupun teraso ubin sama-sama memiliki karakteristik yang kuat, anti pecah, dan tahan lama. Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan teraso, ubin teraso merk UTERRA sangat direkomendasikan karena memiliki sertifikat TKDN 72%.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kebutuhan ubin teraso produksi UTERRA, silahkan hubungi kami dengan klik WhatsApp link berikut : https://wa.me/6281909880999 (Willy) or email: richard@dw-corporation.com

Open Chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Halo, terimakasih telah mengunjungi website kami. Ada yang bisa kami bantu hari ini untuk kebutuhannya?