Saat Anda berjalan, Anda mungkin melihat serangkaian kubah kuning kecil dalam pola kotak-kotak di trotoar. Meskipun ini mungkin tampak seperti pilihan estetika, permukaan yang bermotif ini ada untuk membantu mereka yang hidup dengan gangguan penglihatan agar bisa menavigasi lingkungan mereka dengan lebih mudah.

Apa Itu Guiding Block?

Pola-pola ini disebut Guiding Block (juga dikenal sebagai indikator permukaan tanah atau pelat peringatan yang dapat dideteksi). Permukaan ini dirancang untuk memberi tahu pejalan kaki yang memiliki gangguan penglihatan tentang perubahan apa pun yang ada di area tersebut.

Permukaan ini biasa digunakan sebagai transisi dari trotoar ke jalan raya, atau memperingatkan penumpang untuk memperhatikan langkah mereka saat menaiki tangga. Polanya seringkali memiliki warna yang berbeda dari trotoar untuk memberikan kontras warna yang dapat dengan mudah dilihat.

Sejarah Guiding Block

Guiding Block pertama kali ditemukan di Jepang oleh pencipta Braille, Seichi Miyake, pada 1960-an. Teknologi inovatif ini digunakan untuk pertama kalinya di penyeberangan dekat sekolah tunanetra di Okayama, Jepang.

Teknologi ini segera diadopsi di seluruh negara Jepang di berbagai area penyeberangan dan di seluruh sistem kereta api.

Sementara desain aslinya menggunakan model beton pracetak, model paving yang lebih modern menggunakan material seperti stainless steel, beton, dan keramik. Ini memungkinkan pelat menjadi lebih tahan lama selama bertahun-tahun.

Jenis Pola Guiding Block

composite-tactile (2)
Composite Tactile untuk akses jalan ramah disabilitas

Tidak ada dua pola paving taktil yang dirancang sama. Mirip dengan Braille, pola yang berbeda mengirimkan pesan yang berbeda mulai dari jalur aman atau bahaya yang bisa mengancam secara langsung. Ada tiga jenis pola guiding block:

  • Attention
  • Guiding, dan
  • Lozenge.

Pola perhatian (Attention) ditandai dengan rangkaian deretan kubah terpotong. Pola ini hadir dalam dua bentuk: grid dan offset. Pola grid adalah bentuk kubah dengan jarak yang sama dalam bentuk persegi. Pola ini memperingatkan bagian ujung dari trotoar. Sementara itu, pola attention yang offset adalah versi yang memperingatkan lubang besar atau batasan-batasan area yang biasanya digunakan di stasiun kereta api.

Pola pemandu (Guiding) adalah garis bulat yang dibentuk seperti batang. Pola ini dapat mengirim dua pesan yang berbeda. Pola pemandu di sepanjang jalur memperingatkan ada potensi bahaya di arah depan, sementara pola yang lain bisa menunjukkan rute yang aman untuk diikuti.

Terakhir, pola Lozenge adalah ubin berbentuk lonjong yang ditempatkan secara merata. Pola ini memperingatkan transportasi yang bergerak cepat di area tersebut, seperti kereta api ataupun mobil.

Manfaat Guiding Block

Penggunaan guiding block yang terbuat dari bahan stainless steel

Bangunan di areal pendidikan dan lalu yang lintas tinggi dapat memperoleh manfaat besar dari penggunaan guiding block. Trotoar dengan permukaan yang dilapisi guding block dapat membantu siswa tunanetra menjadi lebih mandiri dan percaya diri, dan menghasilkan pendidikan yang lebih baik dan lebih aman.

Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk melayani semua penduduknya. Membuat ruang publik yang aman bagi tunanetra harus menjadi prioritas utama.

Perpustakaan, gedung administrasi, dan bangunan lain harusnya dapat dengan mudah diakses oleh semua orang. Tindakan keamanan ini telah menghindari berbagai kerugian yang bisa saja diderita oleh para tuna netra.

Trotoar jenis ini juga bisa menghemat uang dan nyawa. Ini adalah fakta yang menyedihkan bahwa banyak pintu masuk penyeberangan di seluruh negeri ini yang masih belum bertekstur ramah untuk tunanetra.

Seperti gedung-gedung publik, jalan lintas dan platform pintu yang seharunya dibuat seaman mungkin bagi tuna netra. Hal ini berkaitan dengan keselamatan lalu lintas seperti halnya keselamatan pejalan kaki lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kebutuhan guiding block produksi UTERRA, silahkan hubungi kami dengan klik WhatsApp link berikut : https://wa.me/6281909880999 (Willy) or email: richard@dw-corporation.com

Open Chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Halo, terimakasih telah mengunjungi website kami. Ada yang bisa kami bantu hari ini untuk kebutuhannya?