Ketika berjalan di trotoar perkotaan, pasti anda pernah melihat jalur khusus berwarna kuning. Itulah yang dinamakan guiding block yang terbuat dari ubin disabilitas. Jalur ini dikhususkan bagi penyandang disabilitas tunanetra untuk menemukan jalan yang tepat. 

Ubin ini memiliki tekstur timbul, sehingga penyandang disabilitas bisa merasakan ketika menginjaknya. Mereka tinggal mengikuti jalur tersebut untuk mencapai tempat tujuan. Untuk memahami lebih dalam tentang guiding block ini, simak ulasannya berikut ini!

Ubin Disabilitas

Fungsi Guiding Block Ubin Disabilitas

Sekilas dari namanya bisa diketahui bahwa fungsi utama guiding block disabilitas yaitu mensejahterakan kaum tunanetra. Selain itu, masih ada lagi fungsi-fungsi lain yang tak kalah penting. Apa saja? berikut ulasannya!

  1. Jalur Disabilitas

Fungsi pertama guiding block yaitu sebagai jalur khusus bagi penyandang tunanetra. Dengan mengikuti jalur ini, penyandang disabilitas bisa sampai ke tempat tujuan. Tanpa harus khawatir tertabrak kendaraan ataupun pejalan kaki lainnya. 

Jalur ini biasanya berada di kawasan perkotaan dan fasilitas umum. Seperti trotoar, kamar mandi, terminal, tempat rekreasi, dan lain sebagainya.  

Tak sembarangan, Pemerintah turut mengatur desain dari ubin ini. Di mana terdapat 2 desain yang boleh diproduksi yaitu motif timbul garis lurus dan titik. 

Kedua motif ini memiliki arti yang berbeda. Garis lurus artinya jalan lurus terus, sedangkan titik berarti berhenti atau ada perubahan situasi jalan. 

  1. Mempercantik Tatanan Kota

Selain fungsi sosial, ternyata guiding block juga mengandung fungsi dan nilai estetika. Umumnya ubin disabilitas memiliki warna dasar kuning terang, sehingga sangat mencolok. Apabila dibandingkan dengan lingkungan sekitarnya yang berwarna gelap. 

Tentu ini akan memberikan warna tersendiri bagi penataan kawasan perkotaan. Selain itu, jalur pejalan kaki juga terlihat lebih rapi dan terstruktur. Karena setiap pengguna jalan diberikan jalur masing-masing.

  1.    Sarana Pijat Saraf

Siapa bilang hanya kaum tunanetra yang bisa memanfaatkan jalur guiding block ini?! Masyarakat awam bisa memfungsikan motif timbul pada ubin guiding block sebagai sarana pijat saraf.

Ya, motif timbul ini sangat nyaman dan relaxing ketika diinjak tanpa menggunakan alas kaki. Rutin berjalan-jalan di atas guiding block selama 15 menit setiap hari dipercaya mampu memperlancar kerja jantung. 

Namun perlu diingat, gunakan jalur guiding block yang berada di kawasan sepi pejalan kaki, taman misalnya. Pastikan  pula kegiatan ini tidak akan mengganggu aktivitas penyandang disabilitas yang akan menggunakannya. 

Atau jika ingin lebih private, anda bisa membeli dan memasangnya sendiri di rumah. Sebelum itu, pastikan anda menemukan supplier ubin guiding block yang tepat dan berkualitas ya. 

Sebagai rekomendasi anda bisa mengecek produk yang dijual oleh Uterra.id Perusahaan kami hanya menjual produk berkualitas, sehingga kekokohannya sangat teruji. Pilihan produknya pun juga beragam, jadi anda bisa memilih sepuasnya. Ubin disabilitas kami sudam mempunyai sertifikat TKDN 74%.

Selain ubin guiding block, uterra.id juga menyediakan produk lain. Seperti lantai tegel, lantai terazzo, paving difabel, dan masih banyak lagi. Harganya juga sangat terjangkau apabila dibandingkan dengan perusahaan sejenis. 

Ingin mencari tahu lebih dalam tentang perusahaan ini? boleh sekali! anda tinggal mengunjungi website resminya di www.uterra.id. Atau datang langsung ke alamat lengkapnya di Jl. Jenderal Ahmad Yani Blok A VII No 9, Cirebon Jawa Barat. 

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai fungsi ubin disabilitas untuk guiding block serta rekomendasi toko untuk membelinya. Uterra memang pilihan paling tepat karena hanya menjual ubin berkualitas, dekoratif, dan tahan lama. Jika tidak percaya, anda bisa membuktikannya sendiri. Salam bahagia dan sehat selalu.

Open Chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Halo, terimakasih telah mengunjungi website kami. Ada yang bisa kami bantu hari ini untuk kebutuhannya?