Lantai Teraso yang biasanya dibuat dari serpihan marmer, kaca, atau agregat lain yang dibenamkan dalam semen berwarna, digiling halus dan dipoles hingga kemilau sutra—mungkin merupakan salah satu penemuan manusia yang tidak disengaja.

Pada abad ke-15, pengrajin mosaik di Italia Utara sedang menyapu sisa serpihan marmer ke teras (terrazzi), dan menghaluskan permukaan hanya dengan berjalan di atasnya. Ketika para pekerja belajar untuk menekan kepingan ke dalam dasar tanah liat yang lebih permanen, ternyata serpihan tersebut tersangkut dan membuat sebuah pola yang tak biasa.

Michelangelo menggunakannya di Basilika Santo Petrus. Pada 1950-an, Richard Neutra dan arsitek modernis lainnya menetapkan teraso dalam desain mereka, dan pada tahun 60-an, teraso telah menutupi lantai di rumah-rumah pengembang di seluruh Tenggara dan Barat Daya.

Di masa sekarang ini, sebenarnya langkah-langkah pemasangan lantai teraso mirip prinsipnya. Nah, sebelum Anda memasang lantai teraso, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Pasang Teraso Untuk Lantai

teraso-untuk-lantai-rumah-cilandak-jakarta-selatan (1)
Lantai teraso motif White Classic untuk pilihan interior rumah minimalis

1. Mengetahui Penggunaan Lantai Teraso

Ubin teraso tidak hanya cocok untuk lantai dengan estetika interior modern, kontemporer, dan Skandinavia. Lantai ini sebenarnya memiliki aplikasi yang lebih luas.

Teraso adalah pilihan umum untuk bangunan komersial atau bangunan lembaga public. Lantai ini juga bisa bertahan dengan baik apabila digunakan pada area yang padat pejalan kaki.

Anda dapat menggunakannya di sekitar kolam renang, di teras, atau untuk membuat lantai yang indah dan tahan lama di ruang tamu. Selain itu, lantai ini juga sangat bagus untuk kantor, lorong, dan dapur.

Lantai yang terbuat dari teraso juga merupakan salah satu lantai terbaik untuk menghias kamar mandi. Teraso juga bisa memberi Anda kemungkinan tak terbatas dalam pencampuran warna dan pola desain.

2. Ketahui Dulu Harga Teraso Per Meter

Ubin teraso adalah salah satu lantai paling mahal saat ini. Menurut data dari Improvenet.com, total biaya, termasuk material dan tenaga kerja untuk pemasangan lantai teraso, berkisar antara Rp450 ribu hingga Rp1 juta per kaki persegi.

Variasi harga yang besar dikarenakan bahan yang digunakan untuk lantai teraso berbeda-beda. Misalnya, lantai teraso mutiara atau marmer secara signifikan lebih mahal daripada teraso kaca. Granit juga merupakan bahan terrazzo yang terjangkau, dibandingkan dengan bahan yang lebih premium.

3. Ketahui Cara Merawatnya

Lantai teraso mudah dibersihkan dan dirawat dengan pilihan produk yang tepat. Menyapu lantai teraso bisa dilakukan dengan langkah sederhana. Menyapu seperti biasa merupakan cara terbaik untuk menghilangkan kotoran dan noda. Sekali seminggu atau lebih sering, basahi pel Anda dalam larutan pembersih yang dilarutkan dengan air dan pel lantai.

Anda harus menggunakan pembersih netral, untuk mencegah bahan kimia merusak lapisan atas.

4. Bersihkan Dulu Permukaan Lantainya

Nah, sebagai langkah persiapan terakhir, perhatikan informasi berikut baik-baik.

Pengerjaan lantai teraso yang tradisional biasanya terdiri dari langkah penyampuran semen dan agregat yang akan disebar di atas permukaan pelat beton hingga kedalaman sekitar setengah inci. Untuk mempersiapkan penuangan, pekerja memotong alur sedalam satu inci, yang disebut sebagai sambungan kontrol.

Kemudian, langkah pembersihan menyeluruh dilakukan. Para pekerja akan mencuci dan menyapu pelat untuk menyingkirkan puing-puing yang terlepas. Pembersihan diikuti dengan scrubdown dengan asam muriatik encer untuk membunuh alga, yang dapat melemahkan ikatan antara beton dan teraso.

Kemudian, barulah campuran semen tadi dituangkan di permukaan lantai. Campuran ini kemudian akan diratakan menggunakan heavy roller, ataupun alat bantu tradisional lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kebutuhan Lantai Teraso Minimalis produksi UTERRA, silahkan hubungi kami dengan klik WhatsApp link berikut : https://wa.me/6281909880999 (Willy) or email: richard@dw-corporation.com

Open Chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Halo, terimakasih telah mengunjungi website kami. Ada yang bisa kami bantu hari ini untuk kebutuhannya?